Blog

Coming Out (Melela)

Coming out atau dalam bahasa Indonesia disebut melela adalah sebuah proses menunjukkan diri, memberi tahu tentang Sexual Orientation Gender Identity Expression and Sex Characteristic (SOGIESC) kita kepada orang lain. Misalnya teman dekat, rekan kerja, pasangan, dan orang tua. Coming out dapat menjadi proses yang kompleks dan kerap melibatkan perasaan binggung, takut, rasa bersalah, malu, gembira, hingga lega.

Hanya individu terkait yang tahu cara dan waktu yang tepat untuk membuka diri kepada orang sekitarnya. Coming out sebuah proses yang sangat jarang dilakukan oleh seseorang karena berhubungan dengan ruang aman dan nyaman seseorang. Seseorang yang ingin coming out harus memiliki pertimbangan dengan matang, atau bahkan telah siap menerima konsekuensi jika hal yang tak diinginkan menimpanya.

Dampak dari coming out bisa saja buruk, maka dari itu sebelum coming out kita harus memikirkan dengan baik terlebih dahulu. Kebanyakan mereka yang sudah melakukan coming out dampaknya sangat beragam. Ada yang dijauhi oleh temannya, ada juga yang paling parah diusir oleh keluarga. Tapi tidak semua yang melalukan coming out itu berakhir buruk, ada juga yang diterima dengan baik oleh keluarga dan lingkungannya, atau bahkan ada beberapa contoh orang yang setelah coming out justru menjadi lebih terkenal dan makin dicintai oleh banyak orang. Beberapa orang di antaranya yaitu:

Sam Smith

Penyanyi kelahiran London, Inggris 19 Mei 1992 ini adalah seorang penyanyi dan merupakan sepupu dari Lily Ellen. Di album perdananya “In The Lonely Hour” yang dirilis pada 26 Mei 2014, berhasil meraih posisi pertama di tangga lagu Inggris. Begitu pula dengan lagu dengan lagu “Money On My Mind” dan “Stay With Me”.
Di album pertama Sam Smith langsung membuat heboh dengan mengatakan album “In The Lonely Hour” adalah kisah cintanya dengan seorang pria yang bertepuk sebelah tangan. Secara tidak langsung Sam Smith telah menyatakan dirinya sebagai seorang gay. Meskipun begitu Sam Smith tetap sukses dan tetap dicintai oleh banyak penggemarnya dan albumgnya berhasil terjual 166 ribu kopi dalam minggu pertama setelah rilis. Meskipun Smith adalah seorang Gay tapi lagunya tetap ditunggu oleh banyak penggemar.

Treecheda Petcharat (Nong Poy)

Aktris sekaligus model kelahiran Thailand, 5 Oktober 1998 ini cukup banyak kontroversi di awal kariernya. Sebagai seorang aktris, Nong Poy dulunya adalah seorang anak laki-laki, tapi dia merasa dirinya adalah seorang perempuan walaupun dia tetap berpenampilan seperti laki-laki di depan orang tuanya. Namun karena dirinya merasa benci dengan fisiknya dia memutuskan untuk mengubah jenis kelaminnya pada umur 19 tahun. Setelah melakukan operasi, dia merasa dirinya terlahir kembali.
Nong Poy pernah mengikuti Miss Tifafany 2004 dan dia memenangkan Mahkota Miss Internasional Queen 2004. Sampai sekarang Nong Poy masih eksis di dunia perfilman di Thailand maupun di luar negaranya. Meskipun dia seorang transeksual/transgender, tapi penggemarnya sangat banyak dan aktingnya ditunggu banyak orang.
Penutup

Mungkin saja Sam Smith dan Nong Poy juga telah memperimbangkan dengan matang ketika mereka memilih untuk coming out. Namun bukan berarti bahwa setiap orang yang coming out akan bernasib sama dengan mereka karena setiap orang mempunyai situasi dan kondisi yang berbeda, sehingga mempunyai pertimbangan yang berbeda pula.
Namun terlepas dari hal itu, poin penting yang harus dipahami tentang coming out adalah harus didasari oleh pertimbangan yang matang dari setiap individu, dan diri kita sendiri pulalah yang mengetahui kapan waktu yang tepat jika ingin coming out. Sekalipun meminta pendapat orang terdekat yang telah menerima kita apa adanya juga bisa menjadi pertimbangan. Akhir kata, coming out atau tidak, kita tetap harus mencintai diri kita sendiri.

 

Penulis : Cut Shofie Adian & Ecuardo Putra Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s